Fenomena Keajaiban Ekonomi Turki atau Economic Turkey

Fenomena Keajaiban Ekonomi Turki atau Economic Turkey

Turki memiliki jumlah penduduk 76 juta jiwa, 98%-nya adalah Muslim. Usia rata-rata penduduknya adalah 28 tahun. Turki memiliki pertumbuhan GDP yang konsisten, 6.4%, yang bahkan tidak dimiliki China, dan menempati posisi ke-15 tertinggi dalam pertumbuhan GDP. Turki mewajibkan dan menggratiskan sekolah bagi peserta didik usia 6-15 tahun.

Perekomomian Turki yang baik di kawasan Eropa, diprediksi sejumlah pengamat akan menjadi kekuatan baru bagi Eropa. Turki juga diprediksi akan menggantikan dominasi Perancis-Jerman di Uni Eropa. Walau belum menjadi anggota Uni Eropa, letak strategis Turki di Eropa dan Asia menjadi keuntungan tersendiri. Karenanya, wajar bila Perancis dan Jerman bersikeras untuk tidak memasukkan Turki dalam keanggotaan Uni Eropa. SAlah sebabnya karena Turki dapat mengancam dan mengambil pengaruh keduanya di badan-badan di Eropa. Keanggotaan Turki di Uni Eropa juga bisa mengubah keseimbangan kekuatan dan membentuk sebuah poros baru dengan anggota Mediterania lainnya seperti Spanyol dan Italia yang saat ini bosan dengan ‘hegemoni’ Perancis-Jerman, sehingga kelompok itu bisa terpinggirkan.

April tahun 2011, setelah memenangkan kembali pemilu Turki, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan bersumpah untuk mengubah Turki menjadi negara paling kuat, modern dan stabil di kawasan. Di depan Majelis Umum ke-18 Eksportir Turki, Erdogan juga menunjukkan data-data kemajuan Turki yang mendukung terwujudnya visi Turki 2023.

Perekonomian Turki meningkat sejak satu dekade terakhir, pasca pemerintahan AKP tahun 2002. Kemajuan ekonomi itu juga yang disinyalir menjadi salah satu kunci kemenangan kembali AKP pada pemilu 2007 dan pemilu 2011 lalu.

  1. Meningkatnya Daya Beli Orang-orang Turki Dengan cepat. pendapatan perkapita meningkat dari USD 3,492 menjadi USD 10,079 atau naik 288%.
  2. Tingkat Pertumbuhan terus meningkat selama periode 2002-2008 dengan pengecualian krisis global tahun 2008, laju pertumbuhan rata-rata sekitar 6,9%. perekonomian Turki tahun 2011 tumbuh sekitar 8,9 persen. Dengan demikian dalam pertumbuhan ekonomi Eropa, Turki menempati posisi teratas dan di kalangan kelompokG-20hanya Cina yang mengungguli tingkat pertumbuhan ekonomi Turki. Negara-negara ambang industri seperti Turki mengalami pertumbuhan ekonomi lebih pesat dibanding negara-negara industri. Tapi betapa cepatnya perekonomian Turki pulih dari krisis keuangan global tahun 2009 sungguh mencengangkan.
  3. Melonjaknya PDB dari 350 Milyar tahun 2002 menjadi 750 Milyar tahun 2008
  4. Meningkatnya PDB perkapita dari 3300 Milyar dollar tahun 2002 menjadi 10.000 Milyar dollar tahun 2008
  5. Meningkatnya volume ekspor dari 33 Milyar menjadi 130 Milyar tahun 2008.
  6. Meningkatnya volume investasi sekitar 4,5 kali lipat
  7. Volume produksi meningkat 2 kali lipat
  8. Konsumsi meningkat pada periode yang sama hingga 39% sector khusus (swasta) dan 22% di sector pemerintah
  9. Total nilai investasi dari PDB yang menyumbang sekitar 25% meraih peringkat tertinggi di Eropa
  10. Berkembangannya organisasi pengembang bisnis dan industry yang mandiri (Mosead). Anggotanya mencapai lebih dari 2600 orang, memiliki 800 perusahaan, dan mempekerjakan 2 juta orang. Jumlah cabangnya di dunia mencapai 25 cabang.

Referensi:

http://www.bangazul.com/fenomena-keajaiban-ekonomi-turki/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s