RESENSI

RESENSI BUKU 

Judul buku                              : Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam)

Penulis                                    : Muhammad Nashiru D-Din Al-Albani

Penerjemah                             : Rifyal Ka’bah, M.A.

Penerbit                                  : Pesantren Kewiraswastaa Al-Hidayah Kandang Ampek – Kayu Tanah Sumatera Barat (Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah)

Tempat terbit                          : Jakarta

Tahun terbit                            : 21 Juni 1993

Jumlah bab                             : 2 bab

Jumlah halaman                     : 234 halaman

Direferensi oleh                        : Wanto

Di zaman penuh dengan ilmu pengetahuan yang tidak terbatas ini banyak sekali ilmu – ilmu yang perlu kita ketahuia dan kita pelajari. Dua kata ini memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda untuk mengolah suatu ilmu yang kita peroleh dari lingkungan pendidikan atau dari lingkungan sekitar kita.

Fenomena ilmu – ilmu agama yang menyimpang dari ajaran Rasul kita mungkin banykanya sudah tak terhitung sudah dibukukan dan lebih parahnya lagi ialah buku – buku tersebut sudah ada di kalangan masyarakat luas dan bahkan masuk ke lingkungan pendidikan agama (pesantren).

Banyak kabar di Indonesia ini ada beberapa pesantren yang dicap “sesat” karena banyak penyimpangan – pengimpangan yang terjadi. Entah benar atau tidaknya cap “sesat” ini. Sebenarnya “sesat” menurut penulis ialah hal – hal yang jauh dari contoh – contoh (sunah) dari Rasul kita Muhammad. Dari yang menambahkan amalan hingga mengurangi amalan yang telah diajarkan disilam.

Kini penulis akan meresensi buku Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam) untuk penambahan pengetahuan pembaca mengenai salah satu amalan (kebutuhan) yang diajarakan Rasul Alloh untuk umat manusia semesta alam. Banyak kebiasaan – kebiasaan orang yang melakukan hal – hal selain amalan yang ada di shalat itu sendiri.

Buku Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam) ini memiliki kelebihan dari kebanyakan buku tuntunan shalat untuk pemula ataupun yang ingin memperdalam tentang ilmu shalat ini.

Kelebihan buku ini dibandingkan dengan buku lain diantaranya:

Niat

Sabda Rasul: “perbuatan hanya ditentukan menurut niat. Seseorang hanya dinilai menurut yang diniatkannya.”

Dikebanyakan buku shalat, niat itu dengan cara membaca “usolli”. Disini penulis belum menemukan hadist – hadist yang menerangkan bahwa niat shalat itu dengan membaca “usolli”.

Adanya dalil (hadist) yang shahih

Dalil ini diriwayatkan oleh orang – orang yang dipercaya kejujurannya, kecerdasan dalam mengingat, dan orang – orang yang ada disekitar Rasul.

Kutipan

Adanya kutipan – kutipan dari buku terdahulu yang menerangkan bahwa yang ditulis oleh penerbit siap dipertanggungjawabkan keasliannya.

Beragamnya bacaan – bacaan shalat (iftitah, ruku, sujud, atahiyat awal, dan akhir)

Ketika kita belajar buku tuntunan shalat pasti bacaan – bacaannya sudah tak asing. Memang tidak berbeda jauh dengan buku Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam) yang membedakannya buku ini dilengkapi dengan hadist yang shahih yang bisa dipercaya kemurnian hadistnya. Sedangkan buku biasa tidak dibarengi dengan hadist yang mendukung bahwa bacaaan tersebut benar atau tidak.

Adanya hadist yang menerangkan kebiasaan – kebiasaan buruk diwaktu shalat

Tidak hanya anjuran amalan untuk beribadah, namun buku ini menerangakan kebiasaan – kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang shalat seperti:

Artinya: “Apabila kamu sujud, jangalah kamu berlutut seperti onta. Letakkanlah tangan sebelum meletakkan lutut”

Tidak sedikit orang – orang ketika shalat meletakan lutut terlebih dahulu dari pada tangan.

“apabila sujud, letakkan tanganmu dan angkat siku”

Ketika sujud angkat tangan, bukan menghamparkan tangan nempel ke lantai.

Dan masih banyak lagi hadist – hadist yang menerangkan larangan (kebiasaan buruk) orang diwaktu shalat.

Kekurangan buku Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam):

Kualitas percetakan huruf kurang bagus

Tidak sedikit cetakan huruf khususnya untuk kutipan yang ada dibagian bawah teks utama terlihat sangat tebal dan sesekali terlihat menyatu dengan yang lainnya.

Kesimpulan:

Banyak buku di pasaran yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan ilmu pengetahuannya. Alangka lebih baik bacalah buku dengan referensi yang jelas. Membaca buku tidak ada batasnya, batasi buku untuk mempelajarinya.” Ini pesan dari penulis🙂

Saran:

Maaf jika ada yang kurang benar dalam topik referensi buku Pelaksanaan Shalat Nabi S.A.W. (Dari Takbir Sampai Salam), kritik dan saran penulis harapkan bantuannya dalam membangun informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Terima kasih

Alloh Maha Mengetahui dan Semua Kebenaran Hanya Milik – Nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s