PENGARUH BUDYA DALAM PERILAKU KONSUMEN

PENGARUH BUDYA DALAM PERILAKU KONSUMEN

[Terlepas dari kepercayaan agama, suku, dan ras manapun. Ini merupakan artikel ilmu pengetahuan tentang binatang babi. Baik buruknya pembaca yang menilai dan ambilah ilmu positif dari artikel ini. Pro dan kontra itu hal biasa dalam kehidupan]

DEFINISI

Budaya adalah suatu kebiasaan individu atau kelompok masa lampau yang  sampai sekarang masih dilakukan. Budaya yang kuat biasanya akan terus bertahan sampai beberapa keturunan selanjutnya. Banyak faktor yang membuat budaya tersebut terus bertahan dan masih dilakukan oleh masyarakat. Di zaman modern seperti ini sangatlah sulit untuk mempertahankan budaya asli yang akan diterusakan oleh generasi muda selanjutnya.

MITOS DAN RITUAL KEBUDAYAAN

Mitos merupakan kepercayaan seseorang atau kelompok tentang hal-hal yang belum terbukti kebenarannya. Mitos ini sangat mempengaruhi kehidupan bermasyarakat seseorang dalam bergaul yang luas. Bisa dikatakan mitos ini dapat membatasi kegiatan-kegiatan yang menurut mereka tabu dan dilarang oleh adat budayanya. Tidak sedikit dari mereka yang sudah tidak mempercayai mitos-mitos yang ada dikebudayaannya. Mereka berdalil mitos tersebut hanya sugesti dari orang-orang yang terdahulu. Era semakin modern, banyak orang-orang yang lebih berpendidikan dalam melihat sesuatu dikehidupan ini.

Adakah sisi positif dari mitos?

Tidak semua mitos memiliki sisi negatif. Mitos zaman dahulu bertujuan untuk mendidik anak-anak supaya tidak melakukan hal-hal yang “kurang baik” atau bisa mengancam keselamatan mereka. Hidup teratur dan memegang teguh sopan santun yang ada merupakan salah satu tujuan adanya mitos di masyarakay yang masih memegang teguh kebudayaannya.

Ritual kebudayaan merupakan upacara-upacara yang dilakukan masyarakat yang masih berkaitan dengan kebudayaan tersebut. Ritual ini biasaya dilakukan pada hari-hari besar bagi mereka yang mempercayainya. Ritual dilakukan bisa seminggu sekali/sebulan sekali/setahun sekali dan sebagainya. Contohya ritual kebudayaan memanggil hujan pada musim kemarau yang panjang.

BUDAYA DAN KONSUMSI

Budaya dan konsumsi tidak bisa dipisahkan. Dimana budaya itu sendiri pasti membutuhkan konsumsi yang tidak sedikit. Contoh yang sangat ril adalah pada saat hari raya umat islam (Idul Fitri) banyak masyarakat yang membutuhkan daging sapi dari pada daging ayam. Budaya memasak daging sapi ini sangat mempengaruhi pemikiran masyarakat luas. Memasak daging sapi bisa dikatakan sebagai status sosial yang ada di masyarakat yang menyebabkan impor daging sapi sangat tinggi permintaanya.

STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEMPERHATIKAN BUDAYA

Strategi pemasaran dalam memperoleh pasar yang luas salah satunya dengan memperhaatikan budaya masyarakat sekitar. Dengan memperhatikan budaya maka sasaran pasar akan terbuka peluang untuk dapat menguasainya. Contoh strategi pasar dibidamg pakaian, budaya orang Afrika dan Timur Tengah adalah sangat menyukai pakaian besar seperti jubah dan lebih memilih warna yang gelap seperti ungu, coklat, hitam, dan sebagainya. Lain halnya dengan Asia Timur yang lebih menyukai pakaian dengan warna yang lebih lembut dan cerah. Jadi, budaya sangat berpengaruh bagi pelaku ekonomi karena dapat menimbulkan permintaan dari berbagai segi untuk memenuhi kehidupannya.

TINJAUAN SUB-BUDAYA DAN DEMOGRAFI

Adanya sub-budaya disebabkan salah satunya oleh demografi. Demografi meliputi usia, jenis kelamin dan agama. Misalkan seseorang sebelum meyakini agama A masih melakukan ritual-ritual budaya yang ada. Setelah meyakini agama A dengan kata lain maka orang tersebut akan mengurangi ritual-ritual budaya yang ada dengan catatan tidak bertentangan dengan agama yang dia yakini. Bahkan bisa saja seseorang meninggalka adat budaya yang ada.

LINTAS BUDAYA

Di era globalisasi ini budaya tidaklah dikenal dan dipelajari oleh suatu golongan tertentu melainkan dapat dilihat dan dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia ini. Berkat adanya teknologi tanpa batas mengakibatkan budaya dapat dipelajari dengan mudahnya. Banyak faktor yang melatarbelakangi  adanya lintas budaya, seperti teknologi, dan zaman penjajahan.

BAURAN PEMASARAN DALAM LINTAS BUDAYA

Era teknologi yang canggih dan dunia tanpa batas dalam menggali informasi yang ada melahirkan bauran pemasaran yang luas mencangkup seluruh budaya yang ada. Zaman sekarang kita bisa merasakan budaya dari seluruh penjuru dunia baik dari segi sandang, pangan, papan, bahasa, dan sebagainya.

PERTANYAAN KAJIAN DAN DISKUSI

Bagaimana konsumsi masyarakat menurut budaya yang ada di sekitar Anda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s