PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

 

Pengertian

Pendidikan kewarganegaraan adalah ilmu yang mempelajari hak-hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. Seperti halnya hak-hak kita sebagai warga negara ialah mendapatkan jaminan keamanan, pendidikan, kesehatan dan kehidupan yang layak. Disisi lain, kita juga harus memenuhi kewajiban sebagai warga negara seperti ikut mempertahankan keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penting dan Butuhkah Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Kita ?

Demi membentengi diri dari tantangan era globalisasi, kita sangat membutuhkan dan mementingkan Pendidikan Kewarganegaraan sejak dini. Mengingat banyak ideologi luar dengan mudah masuk ke dalam pikiran generasi muda.

Tujuan Dari Pendidikan Kewarganegaraan

Diharapkan kita sebagai warga negara Indonesia generasi muda mampu menerapkan dan mengamalkan pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Menciptakan generasi muda yang Pancasilais dan berpendidikan yang  sesuai dengan harapan bangsa. Ditengah era globalisasi ini, tidak sedikit dari kalangan kita telah terlah terjangkit ideologi-ideologi dari luar baik secara sadar maupun tidak sadar. Sangat disayangkan sekali bahwa ideologi luar banyak yang bertentangan dengan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Harapan Dari Pendidikan Kewarganegaraan

Tidak sedikit dari generasi muda telah memutar haluan dan telah melupakan nilai-nilai dari Pancasila yang sudah ada sejak dulu kala. Hal ini dikarenakan banyak diantara kita yang meremehkan kesaktian Pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia. Pancasila sendiri merupakan gambaran umum dari kehidupan bangsa Indonesia sebelum masa penjajahan dan menjadi pedoman hidup bangsa ini dimasa yang akan datang. Inilah salah satu kesaktian Pancasila.

Harapan kita adalah, kita semua sebagai bangsa yang bermatabat harus menerapkan nilai-nilai Pancasila kedalam kehidupan sehari-hari. Baik itu yang berpendidikan maupun yang belum pernah merasakan pendidikan.

Perbandingan dengan Ideologi Lain

  1. Meyakini adanya Tuhan.
  2. Pancasila melihat manusia itu sebagai makhuk individu dan makhluk sosial. Tidak seperti ideologi bangsa lain yang mendefinisikan manusia itu sebagai makhluk individu atau sosial saja.
  3. Tidak mendiskriminasi antar agama, suku, bahasa dan lain-lain. Melainkan kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s