PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ke-3

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ke-3

 

Latar Belakang Ketahanan Nasional

Sejak proklamasi kemerdekaan, bangsa dan negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman baik dalam negeri maupun luar negeri yang nyaris membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Meskipun demikian, bangsa dan negara Indonesia telah mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya terhadap ancaman tersebut.

Tujuan Nasional, Falsafah dan Ediologi Negara

Tujuan nasional menjadi pokok pikiran dalam ketahanan nasional karena suatu organisasi, apa pun bentuknya, akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah internal dan eksternal dalam proses mencapai tujuan yang telah ditentukannya. Demikian pula halnya dengan negara dalam mencapai tujuannya. Karena itu, perlu ada kesiapan untuk menghadapi masalah-masalah tersebut. Falsafah dan ideologi juga menjadi pokok pikiran. Hal ini tampak dari makna falsafah dalam Pembukaan UUD 1945.

Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia

Kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi.

Asas-Asas Ketahanan Nasional Indonesia

  1. Asas kesejahteraan dan keamanan

Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. Kesejahteraan dan keamanan meruapakan asas dalam sistem kehidupan nasional. Tanpa kesejahteraan dan keamanan, sistem kehidupan nasional tidak akan berlangsung.

  1. Asas komprehensif integral atau menyeluruh terpadu

Sistem kehidupan nasional mencakup segenap aspek kehidupan bangsa dalam bentuk perwujudan persatatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras pada sekuruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ketahanan nasional mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, dan terpadu.

  1. Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar
  • Asas mawas ke dalam: bertujuan menumbuhkan hakikat, sifat, dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajaat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh.
  • Asas mawas ke luar: bertujuan untuk mendapat mengantisipasi dan perperan serta mengatasi dampak lingkungan strategis luat negeri dan menerima kenyataan  adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional.
  1. Asas kekeluargaan

Asas kekeluargaan mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa, dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan betnegara. Asas ini mengakui adanya perbedaan.

Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional Pada Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Pengaruh Aspek Ideologi:

  1. Ideologi dunia
  • Liberalisme: menurut aliran pikiran ini, harkat dan martabat individu dijunjung tinggi sehingga masyarakat tiada lebih dari jumlah para anggotanya saja tanpa ikatan nilai tersendiri.
  • Kominisme: aliran ini beranggapan bahwa negara adalah susunan golongan untuk menindas kelas lain.
  1. Ideologi Pancasila: merupakan tatanan nilai yang digali dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sudah sejak ratusan tahun lalu tumbuh berkembang di Indonesia (Ir. Soekaro 1 Juni 1945)

Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia

Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan nasional setiap warga negara Indonesia harus:

Memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik yang disertai keuletan dan ketanguhan tanpa mengenal menyerah.

Sadar dan peduli akan pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan, sehingga setiap warga negara Indonesia dapat mengiliminir pengaruh tersebut.

Thanks To:

Drs. S. Sumarsono, MBA, Ir. Agung Susarno, MSc, MM, Drs. H. Hamdan Mansyur, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2005.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s