MUDAHKAH MEMBANGUN UKM ?

MUDAHKAH MEMBANGUN UKM ?

Dalam membangun usaha kecil dan menengah perlu keyakinan dalam mengsukseskan usahanya. Berani menghadapi berbagai kondisi di dunia usaha yang kita jalani. Banyak faktor-faktor yang dapat mendorong masyarakat untuk membangun UKM baru. Dukungan dari pemerintah merupakan salah satu faktor internal yang sangat besar pengaruhnya bagi UKM. Penyaluran Kredit usaha rakyat (KUR) telah ditargetkan oleh Menteri Koperasi dan UKM untuk tahun 2013 menjadi Rp 37 triliun. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan masyarakat dalam memperoleh dana talangan dari bank-bank untuk membangun UKM mereka. Kesepakatan perubahan sistem kredit yang lebih fleksibel jangka waktunya. Penyaluran KUR selama ini ditetapkan per tahun dan ke depan bisa diakses pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan jangka waktu lebih pendek.

Yang Muda Mulai Dilirik

Pengusaha muda mulai dilirik dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui UKM. Akan direaliasikan undang-undang tentang wirausahawan muda. Dalam UU tersebut ada positif afirmasi terhadap pengusaha muda. Intinya, ada kewajiban dari pemerintah untuk mengalokasikan proyek kepada pengusaha muda. Seperti dana dan fasilitas-fasilitas lainnya yang mendukung kesuksesan UKM.

Perhatian Untuk UKM

Tahun 2013 UKM akan lebih diperhatikan oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Banyak fasilitas-fasilitas pendukung yang menargetkan masyarakat lebih sejahtera melalui program-program UKM seperti:

  • Mengembangkan pasar tradisional (untuk daerah perbatasan dan daerah yang tertinggal)
  • Penataan pedagang kaki lima
  • UKM Mart
  • Fasilitasi pameran luar dan dalam negeri
  • Satu juta lapangan kerja baru di tahun 2013
  • Adanya kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Korea Selatan dibidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Dengan adanya perhatian dari pemerintah dan fasilitas-fasilitas yang telah disiapkan pada tahun 2013 ini semata-mata untuk mempermudah pengusaha-pengusaha muda dalam menjalankan UKM dan untuk menjalankan program pemerintah dalam mengsejahterakan masyarakan Indonesia yang merata. Baik di wilayah perbatasan atau di wiliyah yang tertinggal dalam pembangunannya untuk mendapatkan fasilitas dari pemerintah yang sesuai kebutuhan mereka.

Sumber:
Bisnis Indonesia
http://www.depkop.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s