FUNGSI DAN PERAN KOPERASI INDONESIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 25 TAHUN 1992 PASAL 4

FUNGSI DAN PERAN KOPERASI INDONESIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 25 TAHUN 1992 PASAL 4

Indonesia merupakan salah satu negara hukum yang bertengger nan kokoh sejak tahun 1945. Penuh perjuangan yang mengorbankan segalanya demi terwujudnya cita-cita sang pembela negeri hukum ini. Hukum diciptakan bertujuan tidaklah lain untuk mengatur dan agar teratur dalam menjalankan kewajiban dan menuntut hak di negara Indonesia. Segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia diatur oleh undang-undang yang sesuai dengan latar belakang bangsa ini. Dalam kegiatan usaha dan berbisnis yang dijamin pemerintah tidak luput dari perundang-undangan, bertujuan untuk keselarasan dalam menjalankan usaha tersebut. Tidak melenceng dalam menjalankan peran dan fungsi yang telah dikukuhkan oleh negara diperundang-undangan. Seperti undang-udang tentang “Fungsi dan peran koperasi Indonesia No. 25 pasal 4” yang dikukuhkan pada tahun 1992. Hal ini mencerminkan betapa perhatian dan dukungan pemerintah dalam membangun, memajukan dan perhatiannya terhadap kehidupan perkoperasian di Indonesia. Serta bertujuan menciptakan masyarakat yang mandiri, inovatif, produktif dan terdidik dalam berwirausaha dan dapat berkomunikasi diorganisasi yang ada sejak dini.

Fungsi dan peran koperasi Indonesia Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Yang pertama tertera dalam undang-undang tersebut adalah mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, yang berarti setiap koperasi harus bisa mengembangkan potensi setiap anggota atau kekayaan koperasi dalam berbagai bidang yang siap untuk digunakan secara maksimal. Serta memajukan perekonomian anggota koperasi dan masyarakat sekitar yang sekiranya dapat mendukung kemajuan koperasi. Berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dibidang keahlian dan pendidikan serta ekonomi yang menunjang kehidupan manusia. Memperkokoh perekonomian rakyat, ini sifatnya global bagi nasional. Koperasi dapat memajukan dan mendongkrak perekonomian internal yaitu anggota dan eksternal yaitu masyarakat luar.

Mengembangkan perekonomian nasional, tidak selamanya kita tutup mata dalam kemajuan koperasi yang bisa membangun perekonomian nasional, mengurangi pengangguran dengan cara memberi keahlian dan potensi kesetiap anggota koperasi untuk bisa produktif dan mandiri dizaman globalisasi. Serta mengurangi sifat-sifat konsumtif kita terhadap barang dan jasa orang lain. Dan yang terakhir mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Mendidik penerus bangsa ini dari tingkat bawah sampai tingkat atas dalam menanamkam jiwa berorganisasi di masyarakat. Serta terus melatih para pelajar kita supaya dapat mengembangkan lagi kreativitasnya dalam berwirausaha dan berorganisasi. Itulah fungsi dan peran koperasi bagi masyarakat Indonesia yang telah diatur oleh perundang-undangan negara sebagai cerminan perhatian negara pada pertumbuhan perekonomian yang merakyat, dapat mengsejahterakan, dan mendidik masyarakat didunia wirausaha.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s