BERSYUKUR

BERSYUKUR

Bersyukur adalah suatu sikap dalam mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada Tuhan atau orang lain yang telah memberi sesuatu yang membuat kita bahagia. Manusia adalah salah satu makhluk Tuhan yang memiliki sifat tidak puas akan pemberian dari Tuhannya berupa nikmat ataupun dari sesamanya. Didorong oleh kebutuhannya yang terus meningkat setiap waktu, hal ini menjadikan manusia sebagai makhluk tidak memiliki rasa puas. Bersyukur kepada Tuhan adalah kewajiban kita sebagai makhluk-Nya yang telah menikmati nikmat-nikmat luar biasa yang kita dapatkan setiap harinya. Cukup dengan mengucapkan Alhamdulillah, Insya Alloh kita telah menjadi makhluk Tuhan yang tidak menghilang-hilangkan nikmat-Nya. Apa manfaatnya jika kita bersyukur ? Manfaat yang kita dapat jika bersyukur adalah Tuhan akan selalu melimpahkan nikmat-Nya dan selalu mengingat kita jika kita sedang mengalami kesusahan. Intinya adalah kita bahagia atau sengsara, kita masih ingat dengan nikmat Tuhan. Apabila kita sedang susah, niscaya Tuhan mengingat dan menolong kita. Bersyukur tidak hanya kita mengalami kebahagiaan, tetapi juga jika mengalami kesusahan atau musibah yang menimpa kita. Kita berfikir positif dan yakin bahwa sesuatu yang terjadi pada kita semuanya berasal dari Tuhan semesta alam. Dalam cobaan hidup, Tuhan tidak akan menguji kita lebih dari kemampuan makhluk-Nya.

Bersyukur dan ikhlas bahwa Tuhan masih sayang, ingat kepada kita. Mengeluh ? Banyak saudara-saudara kita diluar sana yang lebih berat menerima cobaan hidup. Maka kita harus bersyukur dengan cobaan yang kita jalani ini. Hidup itu bagaikan siang dan malam. Tidak selamanya hidup ini selalu ada matahari dan tidak selamanya ada bulan. Semuanya berjalan dengan bergiliran dan teratur. Tuhanlah yang ada dibalik semuanya. Tidak selamanya kita bahagia dan tidak selanya kita sengsara. Hanya bersyukur yang bisa kita ucapkan. Dengan bersyukur semoga Tuhan mendengar doa dan mengabadikan kebahagiaan ini begitu juga sebaliknya untuk menyudahi kesengsaraan menjadi kebahagiaan. Dengan syukur dan ikhlaslah hidup kita akan menjadi indah ( Insya Alloh ). Karena bisa menikmati hidup dengan lapang dada. Jika kita tidak bisa bersyukur dan ikhlas, pasti akan merusak pikiran kita sendiri dengan bertindak bagaimana menghindar dari semua ini. Ujungnya adalah bunuh diri. Sungguh tindakan bodoh dan merugikan diri sendiri.
MENERAPKAN SIKAP SYUKUR PADA ANAK
Mendidik anak sebaiknya sejak dini bukan menunggu si anak besar. Karena semakin berumur maka semakin sulit untuk membentuk sifat yang baik. Terapkanlah sikap bersyukur kepada anak sejak dini. Dari dasar kita didik anak untuk membiasakan mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah memberi sesuatu. Jika sudah terbiasa, kenalkan si anak dengan mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih. Mungkin ini cukup efektif untuk bisa mendidik anak yang selalu bersyukur.

HUBUNGAN BERSYUKUR DENGAN TUHAN:
Al-Quran surat Ar-Rahman tertera dengan arti “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” intinya adalah Tuhan berfirman nikmat mana yang kita dustakan (tidak bersyukur bahwa nikmat itu dari Alloh) sesungguhnya kita harus bersyukur akan nikmat Tuhan. Begitu Maha Penyayang umat manusia. Tuhan masih tetap mengingatkan kita akan nikmat-Nya. Sungguh kurang beruntung jika kita tidak bersyukur hari ini untuk hari yang akan datang. Kita adalah ciptaan-Nya, maka kita harus patuh akan perintah dan larangan-Nya. Bersyukur merupakan salah satu perintah dari-Nya.
Hal yang harus diperhatikan:
1. Selalu mengingat akan nikmat Alloh.
2. Kita ini adalah makhluk yang butuh akan nikmat-Nya.
3. Tidak memandang hal apakah musibah atau anugerah.
4. Semua berasal dari Alloh.
5. Sering-sering mengucapkan Alhamdulillah setiap saat.
Kesimpulannya adalah nikmat Tuhan kita ibaratkan dengan penambahan energi hidup bagi kita di dunia. Jika tidak ada nikmat, bagaimana hidup kita dihari esok nanti ? Semua berasal dari Alloh SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s