PHOBIA

PHOBIA

Phobia adalah rasa takut yang berlebih pada seseorang atas semua hal yang ia takuti. Phobia kadang-kadang tidak masuk akal dan nalar manusia. Takut akan hal-hal yang tidak mengancam keselamatan atau kesehatan kita. Bahkan kita sendiri yang terlalu takut dengan yang kita takuti, padahal tidak begitu mengancam jiwa kita. Pengidap phobia ini bias terjadi pada pria maupun wanita. Banyak dikalangan anak muda sekarang yang phobia karena sesuatu hal. Jika dibiarkan saja dan tidak diobati, mungkin phobia ini bias sampai umur tua nanti. Phobia juga bisa merepotkan kita untuk beraktivitas seperti orang-orang pada umumnya. Contoh yang sangat simpel adalah: seseorang wanita phobia akan benda yang berbulu. Bagaimana jika ia mempunyai seorang anak perempuan ? Biasanya anak perempuan menyukai boneka-boneka yang berbulu lembut. Sedangkan ibunya mempunyai phobia akan benda yang berbulu. Sepertinya anak tersebut tidak bisa bermain boneka dengan ibunya dikarenakan pobia dengan bulu. Sungguh ironis bukan. Anda ynag phobia, orang-orang disekitar anda ikut terkena dampaknya yaitu ikut terkena repotnya. Biasanya orang-orang yang disekitar phobia akan menjauhkan si phobia dengan benda-bensa yang ditakutinya. Banyak penyebab-penyebab phobia pada seseorang, bisa trauma dan lain-lain. Kebanyakan orang phobia yang dia takuti tidak masuk akal. Seperti karet, warna, karung, buah, binatang, suara dan lain-lain. Tidak masuk akal bukan!

Sumber gambar: myhypnotherapyeft.com

Factor-faktor penyebab phobia:

  • Karena pengaruh. Sering kita sebagai orang tua menakut-nakuti anak dengan sesuatu yang tidak masuk akal. Kita memberikan imajinasi kepada anak bahwa hal tersebut sangat menakutkan. Tujuan orang tua seperti ini adalah tidak lain untuk membuat anak tidak nakal dan untuk berhenti menangis. Memang cukup efektif . tetapi dampak buruknya adalah jika ketakkutan anak ini dibawa sampai ia dewasa.
  • Trauma. Trauma akan hal yang ia pernah alami pada masa lampau dan masih ia takuti sampai sekarang, hal ini pun menjadi phobia. Contohnya, sewaktu ia kecil pernah dipatuk ayam betina dan sampai sekarang ia takut dengan ayam. Bahkan parahnya ia takut kesemua ayam.
  • Geli. Karena hal geli saja bisa membuat kita phobia. Geli dengan bulu binatang, ulat, cacing, dan lain-lain. Bukan hanya wanita saja yang geli dengan benda-benda diatas. Pria pun banyak yang merasa phobia dengan kegelian. Penampilan maco, ada ulat dia lari. Tidak ada salahnya pria phobia, karena ini memang tidak dibuat-buat takutnya.

Mungkin penyebab phobia ini yang banyak mendominasi si phobia takut dengan sesuatu.

Banyak cara untuk mengobati phobia ini. Dari yang biasa-biasa saja sampai dengan cara yang cukup ekstrim. Sekarang ini banyak pengobatan phobia dengan cara hipnotis atau sugesti. Memang cukup mahal diongkosnya. Apakah anda siap jika melakukan pengobatan dengan cara ekstrim? Mungkin anda akan pinsan terus-terusan. Jika anda menginginkan hasil yang memuaskan, anda bisa mencoba dengan cara modern atau sugesti. Cara ini memang sudah banyak yang mencoba dan hasilnya pun tidak mengecewakan.

CARA-CARA MENGHILANGKAN PHOBIA:

  • Niat. Niatkan diri untuk berani  melawan rasa takut kita yang berlebih. Pertama yang harus kita lakukan adalah menyentuh benda yang membuat kita phobia. Jika kita berani Insaya Alloh rasa takut akan hilang.
  • Berani. Seperti yang sudah tertera di atas. Kita harus berani melawan rasa takut.
  • Cara ekstrim. Di ruangan tertutup, si phobia akan diajak untuk menceritakan kenapa bisa mengalami phobia. Jika sudah cukup, anda akan dihadapkan langsung dengan benda yang anda takuti bahkan bisa dipaksa untuk menyentuhnya.
  • Cara sugesti. Cara ini yang cukup tidak membuat si phobia merasa kesetanan karena takut. Penyembuh akan membuang sugesti kita yang takut akan sesuatu hal dan akan menggantinya dengan sugesti bahwa yang kita takuti itu tidak begitu menakutkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s