MANUSIA DAN CINTA KASIH

MANUSIA DAN CINTA KASIH

 

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan-Nya yang lain. dari segi tindakan dan perasaan yang ada dalam jiwa setiap insan. Tindakan manusia terkontrol dari emosi langsung ke otak, sedangkan perasaan berasal dari otak ke hati. Hatilah yang menentukan perasaan manusiadalam mencurahkan cinta dan kasihnya kepada orang-orang yang bisa menyentuh hati kecilnya. Cinta adalah rasa emosi otak manusia yang kadang-kadang tidak bisa terkontrol. Kasih atau kasih sayang adalah rasa atau perasaan hati manusia yang lebih dari rasa cinta. Manusia adalah makhluk sosial, tapi pada satu sisi yang lain manusia bisa menjadi makhlu individu.

FAKTOR-FAKTOR ADANYA CINTA KASIH:

  • Salah satu nikmat dari Alloh. Tuhan semesta alam ini pasti telah menciptakn dan menempatkan nafsu pada kita semua. Nafsu positif dan nafsu negatif, hanya manusialah yang makhluk Tuhan yang diberi kedua nafsu tersebut. Nafsu cinta kasih pertama kita tanamkanlah pada hati bahwa Tuhan yang harus diutamakan. Tak ada sekutu bagi-Nya.
  • Penuntun hidup. Merupakan beberapa orang yang sedang atau sudah menuntun kita menuju pencerahan di dunia ini dengan pengetahuan-pengetahuan yang sangat berguna untuk dunia maupun akhirat.  Penuntun umat manusia Rasul Alloh Muhammad Saw. yang telah memperkenalkan islam ke dunia ini. Guru adalah seseorang yang tidak asing bagi kita semua. Beliau yang bertahun-tahun pendidik eksternal bagi kita.
  • Seseorang sepesial. Seseorang yang kita istimewakan di dunia ini. Bisa bersifat sementara atau selamanya (kekal) yang sering kita limpahkancinta dan kasih saying. Pertama ada keluarga. Keluarga merupakan factor internal yang telah membentuk kepribadian kita sebelum kita terjun ke masyarakat luas. Kedua ada sahabat, pacar, dan teman. Factor eksternal yang kita sayangi. Ketiga-tiganya ini sangat erat bagi kita yang sedang mengalami masa pubertas atau transisi.

PENYEBAB AKAN HILANGNYA CINTA KASIH:

  • Ketidak percayaan. Factor ini bisa mendominasi di hati kita sebelum bertindak yang lebih lanjut.
  • Depresi atau kecewa atau sakit hati. Ini bisa merusak cinta dan kasihyang telah lama ada di seseorang yang special. Akhirnya kata penyesalan pun yang akan keluar.
  • Trauma. Trauma ini akan timbul rasa ketidak percayaan lagi kesemua orang yang ada di sekitar kita.

HUBUNGAN MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia akan tidak terlepas dari cinta kasih dengan sesamanya atau dengan yang lainnya. Bisa dikatakan cinta kasih sebagai oksigen kedua bagi manusia. Tidak ada warna di dunia ini bila tidak ada cinta dan kasih di hati manusia. Mungkin bisa saja tidak ada semangat hidup bagi kita. Cinta kasih merupakan bahan bakar hati yang harus ada disetiap saat. Di dunia ini tidak ada manusia yang tidak membutuhkan cinta dan kasih dari orang lain. Pasti akan ada cinta kasih itu di hati kita. Hubumgan manusia dengan cinta kasih bisa dikelompokan:

  • Permanen. Maksud dari permanen adalah bahwa manusia dengan cinta kasihselalu tertanam di hati setiap insan. Kekal tak tergoyah oleh godaan dan masa. Hal ini bisa sangat sulit atau juga bisa sangat mudah ditemmukan pada diri kita. Tergantung kita bisa percaya atau tidak dengan orang lain. Tapi, pasti ada proses yang berjalan menentukan segalanya. Cepat atau lambat kita akan tahu arti cinta dan kasih.
  • Sementara. Bisa saja cinta kasih kita kepada orang lain bisa terhitung oleh masa (sementara). Disini kita bisa menentukan cinta kasih namun ada beberapa factor yang tiba-tiba bisa merubah segalanya. Bisa karena kita atau orang lain yang menyebabkan hilangnya cinta kasih. Kecewa dan penyesalan pun pasti ada.

KESIMPULAN:

Manusia dan cinta kasih bisa kita ibaratkan sebagai sebuah tanaman hias. Kita rawat, menjaga, dan yang memperindah tanaman tersebut. Jika kita lalai akan tuggas kita. Maka tanaman hias pun tidak aka nada kesan indahnya. Dan sebaliknya jika kita terus-menerus merawat, menjaga, dan memperindah tanaman hias kita maka keindahan yang ia akan pancarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s